Manfaat Daun Kentut Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kentut Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kentut Bagi Kesehatan,- Tanaman ini disebut daun kentut karena mempunyai bau yang sangat khas seperti bau kentut manusia pada umumnya sehingga dari situlah tanaman ini disebut sebagai daun kentut. Daun kentut ini mempunyai panjang sekitar 1-5 cm dengan bentuk bundar seperti telur ataupun lonjong. Sedangkan pada bagian ujung daunnya meruncing dan rata dibagian tepinya.

Manfaat Daun Kentut Bagi Kesehatan

Di beberapa daerah daun kentut ini mempunyai nama yang beragam seperti di daerah sunda sering disebut dengan kahitutan, di daerah jawa biasanya disebut dengan nama kesembukan dan masih banyak lagi nama khas di daerah-daerah yang lainnya dan tentunya akan sangat unik apabila didengarkan.

Daun kentut ini mengandung Asperulodise, Deacetylasperuloside, Scandoside, Paederosidic acid, dan yang lain sebagainya. Pada daun kentut mempunyai rasa yang manis dan lama kelamaan akan terasa sedikit pahit. Selain mempunyai efek farmakologis daun kentut juga dapat memberikan efek analgetik yang mampu untuk menghilangkan rasa sakit seperti mengatasi nyeri pasca operasi, nyeri yang diakibatkan oleh organ kandungan, nyeri syaraf, rematik, patah tulang, keseleo, batu ginjal dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Obat Herbal Epilepsi dengan Daun Lenglengan

Daun kentut bersifat karminatif yang dapat meluruhkan kentut dan kandungan moclyticnya juga sangat mampu meluruhkan kencing dan dahak. Bukan hanya itu, daun kentut juga bisa berperan sebagai antitusif obat batuk serta dapat menghilangkan racun atau sebagai detoksifikasi dan mampu untuk menambah nafsu makan.

Manfaat Daun Kentut Untuk Kesehatan

– Khasiat untuk kanker

Manfaat daun kentut lebih sering ditujukan untuk dapat mengurangi penderita pasien kanker dengan cara menghilangkan rasa sakitnya. Walaupun demikian daun kentut ini juga sangat berkhasiat untuk mengobati kanker. Caranya :

Bahan yang diperlukan untuk membuat ramuan ini adalah dengan menggunakan 100 gram daun kentut kering atau 20 gram daun kentut segar kemudian rebus dengan dua gelas air sampai tersisa hanya satu gelas. Ramuan ini bisa diminum kapan saja pada saat terasa sakit atau apabila nyerinya sudah hilang. Dan untuk pengobatan kanker, minum ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari.

– Mengobati cacar ular (Herpes Zooster)

Ambil pada bagian daun kentut yang secukupnya saja, lalu di tumbuk hingga halus sampai menjadi seperti bubur. Kemudian setelah itu di tambahkan dengan sedikit air dan garam. Dan balurkan ramuan tersebut di bagian sekitar kulit yang mengalami cacar ular.

– Meredakan Sariawan

Siapkan bahan-bahan ramuan ini :

  • Daun kentut segar 1/6 genggam
  • Daun iler 1/5 genggam
  • Daun saga 1/4 genggam
  • Daun picisan 1/5 genggam
  • Daun sembung 1/4 genggam
  • Pegagan 1/4 genggam
  • Adas 3/4 sendok teh
  • Polasari 3/4 jari
  • Ketumbar 3/4 sendok teh
  • Rimpang lempuyang 1/2 jari
  • Kunyit 1/2 jari
  • Kayu manis 3/4 jari
  • Gula enau 3 jari

Cara mengolah dan mengkonsumsinya :

Semua bahan yang ada tersebut dipotong seperlunya dan dicuci sampai bersih, setelah itu di rebus dengan menggunakan air bersih 4 1/2 gelas, tunggu sampai airnya sudah mendidih dan berkurang menjadi setengahnya, biarkan sampai dingin, dan setelah dingin saring kemudian ambil airnya, bagi menjadi 3 bagian, minum tiga kali sehari setiap pagi, siang, dan malam.

– Mengatasi sakit lambung

Siapkan terlebih dahulu 15-60 gram daun kentut segar, lalu cuci sampai bersih, setelah itu kita tumbuk sampai halus dan menyerupai seperti bubur. Tambahkan 1 cangkir air matang dan juga 1-2 sendok teh garam. Kemudian aduk sampai rata dan saring lalu ambil airnya. Dan setelah itu minum air ramuan tersebut saat belum makan.

– Mengobati radang telinga

Siapkan 1/2 genggam daun kentut, lalu cuci hingga bersih, kemudian giling sampai halus, remas dengan 1 sendok makan air garam, setelah itu peras dan saring, lalu pakai airnya untuk menetes anak telingan yang sakit, teteskanlah sebanyak 4-6 kali dalam sehari setiap 3 tetes.

– Mengobati kulit gatal

Ambil terlebih dahulu batang dan daun kentut yang masih segar secukupnya, kemudian cuci hingga bersih, dan untuk selanjutnya giling atau tumbuk sampai lumat, lalu tempelkan pada bagian yang mengalami sakit gatal.

– Mengobati disentri

Ambil daun kentut yang masih segar sebanyak 15-60 gram, kemudian cuci hingga bersih, lalu tumbuk sampai seperti bubur, setelah itu tambahkan dengan 1 cangkir air matang dan 1-2 sendok teh garam, kemudian aduk sampai rata setelah itu disaring terlebih dahulu, dan diminum sebelum makan.

– Mengobati mata bengkak

Siapkan daun kentut yang secukupnya, kemudian cuci hingga bersih, lalu rebus dengan menggunakan air bersih, angkat setelah mendidih, dan atur posisi duduk bagi penderita sakit diatas uapnya, apabila air sudah terasa hangat. Maka daunnya dibungkus dengan sepotong kain, lalu letakan di bagian atas mata yang terasa sakit sampai daunnya menjadi dingin. Dan setelah itu baru kompres tersebut diganti lagi.

Sumber: http://www.informasikesehatan.org

Comment (1)

  1. Pingback: Jenis Macam Macam Penyakit Reproduksi yang Paling Banyak Terjadi

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *