Cara Memudarkan Bekas Luka dengan Putih Telur

Cara Memudarkan Bekas Luka dengan Putih Telur

Bekas luka atau scar merupakan proses alami penyembuhan luka. Akan tetapi, kerapkali bekas luka tersebut menyebabkan kulit berkurang keindahannya. Kali ini ketahui strategi untuk memudarkan bekas luka pada kulit.

Cara Memudarkan Bekas Luka dengan Putih Telur

Walau kita sudah berhati-hati, kadang-kadang luka tidak bisa kita hindari. Sebagai contoh saja seperti terbentur ujung meja, luka bakar, luka bekas jerawat, luka gores pisau dapur atau luka operasi.

Sebab itulah, hampir tiap individu kemungkinan besar pernah terluka dan mempunyai bekas luka. Terbentuknya bekas luka sebetulnya merupakan hal yang normal. Saat terjadi luka pada kulit, tubuh akan menghasilkan banyak kolagen untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Akan tetapi, jaringan penyembuhan tersebut tidak mengandung semua bagian normal dari kulit, sehingga warna dan penampilannya seringkali akan berbeda dengan kulit disekitarnya.

Cara Memudarkan Bekas Luka dengan Putih Telur

Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi tampilan luka, yaitu ukuran, bentuk, dan kedalaman luka berkontribusi di bekas luka, selain itu warna kulit dan jumlah darah yang mencapai daerah luka.

Ada tiga jenis bekas luka. Secara normal, bekas luka yang terbentuk tipis, datar dan kecil. Bekas luka seperti ini tidak akan terlalu mengganggu tampilan kulit. Sedangkan bekas luka atrofi terlihat kempis dan cekung akibat rusaknya jaringan kolagen kulit. Umumnya bekas luka tersebut terjadi sebagai akibat jerawat dan cacar.

Bekas luka keloid biasanya tampak berwarna merah atau gelap dan mempunyai kontur yang berbeda dengan luka. Keloid merupakan hasil dari proses penyembuhan kulit yang terlalu agresif, dimana jaringan kulit baru tumbuh sampai daerah luar luka. Munculnya keloid dipengaruhi oleh faktor keturunan.

Cara untuk memudarkan bekas luka bisa Anda lakukan di rumah dengan menggunakan bahan yang sangat mudah anda dapatkan yaitu dengan Putih Telur.

Putih telur mengandung protein tinggi yang bermanfaat untuk meregenerasi kulit yang memiliki bekas luka.

Cara mengolah putih telur sebagai pemudar bekas luka sangat mudah, langkah pertama yaitu pisahkan putih telur dari kuning telurnya, setelah itu oleskan putih telur secara perlahan pada bekas luka. Bila olesan sudah mengering dan mengencang, bilas bagian tersebut dengan menggunakan air bersih. Ramuan putih telur ini akan menjadi lebih efektif jika ditambahkan dengan jeruk lemon atau madu. Lakukan secara rutin agar kulit halus dan cerah tanpa bekas luka bisa menjadi milik Anda.

Sumber: InformasiKesehatan

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *